Arsip Blog

Translate

Sabtu, 01 Desember 2012

Crystal Red Shrimp (CRS) / Red Bee shrimp FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai Crystal Red Shrimp atau biasa juga disebut red bee shrimp.
  1. Apakah crystal red shrimp berbeda dengan red bee shrimp ?
    Tidak. Crystal red shrimp (CRS) sama dengan red bee shrimp, red bee adalah terminologi yang sering digunakan  untuk menyebut crystal red shrimp dengan grade tinggi . (pada umum nya grade A keatas).
  2. Seperti apakah parameter air yang dibutuhkan oleh Crystal Red Shrimp / Red Bee?
    CRS dapat menyesuaikan diri dan bertahan hidup dalam berbagai pH. Kisaran pH yang optimal adalah sekitar 6,3-6,8 untuk menunjukkan warna dengan baik. GH terbaik adalah sekitar 3-6 dH. Nitrit (NO3) terbaik dalam kisaran 25ppm.
  3. Jenis filter apa yang harus saya gunakan dalam aquarium untuk Crystal Red Shrimp / Red Bee ?
    Yang direkomendasikan adalah filter dengan output yang tidak terlalu kencang. Media penyaring (seperti Biohome, Substrat pro, keramik cincin) juga diperlukan untuk kolonisasi bakteri. Bakteri ini akan membantu untuk menguraikan amonia dan nitrat menjadi zat-zat yang tidak berbahaya. Undergravel filter disarankan jika anda tidak punya niat untuk memiliki tanaman yang memiliki akar.
  4. Apakah pakan terbaik untuk Crystal Red Shrimp / Red Bee saya?
    Makanan terbaik bagi Crystal Red Shrimp / Red Bee adalah makanan yang bersifat tenggelam sehingga tidak cepat mengotori akuarium. Makanan ikan dengan kandungan sayuran/tanaman tinggi juga sangat dianjurkan. Makanan yang berasal dari tanaman baik untuk menampilkan warna CRS sedangkan makanan yang berasal dari daging akan mempercepat pertumbuhan. Sera Premium Spirulina Tab memenuhi persyaratan ini demikian juga Alga Hikari wafer dan Crab Food. Bayam rebus dapat menjadi makanan alternatif yang baik untuk CRS.
  5. Apa yang anda rekomendasikan untuk setup Aquarium udang yang sederhana?
    Sebuah filter canister dengan media filter yang baik, drifwood dan moss, jenis soil ADA Amazonia, Nisso Soil, maupun silica sand , kipas angin mini atau chiller dan pencahayaan yang memadai.
  6. Berapa kisaran suhu terbaik untuk CRS? Apakah menggunakan chiller adalah suatu kewajiban?
    Suhu terbaik untuk CRS adalah tetap dikisaran 25C. Pada umumnya untuk mencapai suhu ini, sebuah chiller atau AC biasanya diperlukan, apalagi untuk kota-kota dengan suhu tinggi seperti Jakarta, Surabaya, Medan atau Makassar, tapi itu bukan merupakan suatu keharusan. Apabila suhu stabil dikisaran 28-30′c Bisa menggunakan fan atau kipas angin komputer untuk menurukan suhu aquarium. CRS menunjukkan warna terbaik pada 25C atau lebih rendah (Sampai dengan 22C, warna yang terbaik). Temperatur yang lebih tinggi akan memudarkan warna dari CRS.

Tidak ada komentar: